Instalasi Air

Adanya aliran air dapat dikendalikan pada bangunan berhubungan erat dengan sanitasi, kesehatan dan keberlangsungan hidup sehari-hari. Air berperan dalam kesehatan dan sanitasi karena fungsi air yang membersihkan. Dengan ini air dipakai untuk membersihkan diri, mencuci pakaian, bahan makanan, peralatan makan dan membersihkan bangunan itu sendiri. Tanpa kebersihan manusia sangat rentan terhadap berbagai hal yang akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Meski air yang masuk ke tubuh manusia perlu memenuhi standar kesehatan tertentu, adanya aliran persediaan air ke bangunan memudahkan pengangkutan air yang membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Untuk mendapatkan air bersih yang mengalir pada saat keran dibuka membutuhkan lebih banyak dari membuka keran tersebut. Instalasi air membutuhkan perencanaan dan produk-produk yang sesuai.

Pipa Plastik

Pipa jenis ini ringan dan mudah dalam pengerjaan dan pemasangan, tapi lebih lentur dari pipa metal sehingga membutuhkan lebih banyak penopang. Pipa plastik tidak meracuni air dan pengaruh terhadap air adalah minimal. Bisa digunakan untuk air dengan nilai pH apapun. Meski pipa plastik dapat digabungkan dengan lem dan las, uap dari plastik yang meleleh membahayakan kesehatan. Untuk mencegah perkembangbiakan bakteri di dalam pipa, pipa tidak boleh membiarkan cahaya masuk. Jenis-jenis material pipa plastik: High-Density Polyethylene (PE-HD) Cross-Linked Polyethylene (PE-X) Polyvinyl Chloride (PVC) Polypropylene (PP)

Insulasi Pipa

Jika air yang dipindahkan oleh pipa mempunyai suhu yang berbeda dengan lingkungan sekitar, insulasi yang membungkus pipa akan menolong untuk menjaga suhu air tersebut. Tanpa insulasi pipa air panas yang panjang akan menyebabkan banyak panas keluar dari pipa tersebut. Insulasi pada pipa air dingin pada sistem pendinginan dapat meningkatkan efisiensi. Tanpa insulasi, permukaan pipa yang dingin pada iklan lembab dan panas dapat dengan mudah menimbulkan embun yang membahayakan elemen bangunan lain.

Pipa Galvanis

Pipa yang dilapisi lapisan pelindung seng, untuk mencegah karat pipa.

Pipa Baja Tahan Karat

Pipa jenis ini awet dan dapat didaur ulang. Air minum yang melewati pipa ini tidak terpengaruh rasanya dan tidak menimbulkan karat pada pipa. Pipa jenis ini juga dapat digunakan untuk mengalirkan limbah buangan yang agresif. Bahaya karat biasanya datang dari lingkungan ekstrim tempat pipa ditempatkan.

Pompa

Pompa air digunakan untuk menggerakkan air ke tempat yang dibutuhkan dalam bangunan, pada kolam air, dan pada tempat-tempat lainnya. Pompa dibutuhkan karena tempat di mana air dibutuhkan tidak dapat dijangkau dengan gerakan air yang alami, yaitu mengikuti gaya gravitasi dan mengisi tempat yang kosong dalam batasannya sesuai tekanan. Semakin tinggi letak kamar mandi, dapur pada suatu bangunan dan semakin tinggi tekanan air pada tempat yang dibutuhkan, semakin besar kontribusi pompa terhadap aliran air di bangunan itu. Air dapat digerakkan oleh pompa dengan berbagai cara seperti desakan atau gaya sentrifugal.

ISO 16330:2003 Reciprocating positive displacement pumps and pump units -- Technical requirements

ISO 9906:2012 Rotodynamic pumps -- Hydraulic performance acceptance tests -- Grades 1, 2 and 3

Tangki Air

Tangki air pada sebuah bangunan memberikan persediaan air pada bangunan tersebut. Persediaan ini berguna bila aliran air dari PAM atau dari sumur terhenti sementara. Air yang ditampung pada tangki air di bagian atas bangunan sebelum mengalir ke tempat dimana dibutuhkan dapat memberikan aliran yang lebih kuat karena gravitasi yang menolong aliran air.

ISO 28765:2008 Vitreous and porcelain enamels -- Design of bolted steel tanks for the storage or treatment of water or municipal or industrial effluents and sludges

Selang

Selang merupakan pipa yang fleksibel yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman di kebun atau memindakan air dimana tidak ada pipa ke tempat tersebut.

ISO 1436:2009 Rubber hoses and hose assemblies -- Wire-braid-reinforced hydraulic types for oil-based or water-based fluids -- Specification

ISO 3862:2009 Rubber hoses and hose assemblies -- Rubber-covered spiral-wire-reinforced hydraulic types for oil-based or water-based fluids -- Specification

ISO 4079:2009 Rubber hoses and hose assemblies -- Textile-reinforced hydraulic types for oil-based or water-based fluids -- Specification

ISO 4641:2010 Rubber hoses and hose assemblies for water suction and discharge -- Specification

ISO 11237:2010 Rubber hoses and hose assemblies -- Compact wire-braid-reinforced hydraulic types for oil-based or water-based fluids -- Specification

ISO 1403:2005 Rubber hoses, textile-reinforced, for general-purpose water applications -- Specification

Pipa Periuk Belanga

Pipa periuk-belanga digunakan dalam sistem pembuangan kotoran, pengeringan lahan dan untuk jaringan drainase. Pipa periuk-belanga adalah bahan kaku (rigid) dan memiliki daya tahan yang sangat baik, yaitu lebih dari 100 tahun. Produk ini keras, memiliki resistensi terhadap bahan kimia, kekuatan mekanik yang tinggi. Pipa ini terbuat dari tanah liat dan diproduksi oleh proses pembakaran pada suhu 1100 °C dan proses penggaraman. Karena proses pembuatannya, pipa periuk ini tahan dampak dan tahan api.

Pipa Tembaga

Pipa Tembaga dapat didaur ulang dan dapat dipasang secara ekonomis. Cocok untuk air minum yang mempunyai nilai pH >7.4. Jika konsentrasi ion hidrogen di air tinggi, tembaga dapat larut di air dan masuk ke tubuh manusia. Alat pengatur pH air sangat dianjurkan di dalam bangunan yang menggunakan pipa air minum tembaga.

Tangki Septik

Tangki septik atau septic tank adalah suatu tangki skala kecil pengolahan air limbah untuk satu bangunan.

Talang Air