Kayu

Kayu adalah bahan berserat keras dari pohon dan telah digunakan di seluruh dunia sebagai bahan konstruksi.

RSNI4 ISO 2036:2010 Kayu untuk pembuatan lantai kayu - Simbol penandaan berdasarkan jenis

Kayu Lunak

Kayu lunak memiliki kepadatan rendah dan umumnya berwarna terang. Walau disebut kayu lunak, kayu ini tidak selalu lebih lembut dari kayu keras. Aplikasi dari kayu lunak: komponen bangunan, mebel dan produk lainnya seperti pintu dan jendela. Jenis-jenis pohon kayu lunak adalah pinus, cemara, pohon cedar, cemara fir, larch, cemara douglas, dan lain-lain.

Kayu Keras

Kayu keras memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibanding kayu lunak. Kayu keras digunakan untuk konstruksi dan bahan lantai. Contoh jenis kayu keras: mahoni, jati, walnut, oak, ash, elm, aspen, birch, maple.

Kayu Olahan

Kayu Olahan disebut juga kayu komposit, kayu buatan manusia, atau kayu rekayasa. Kayu olahan ini mencakup berbagai produk kayu derivatif yang diproduksi dengan mengikat helai, partikel, serat, atau vinir kayu, bersama dengan perekat, untuk membentuk material komposit, yang umum digunakan di konstruksi rumah dan konstruksi bangunan. Produk kayu direkayasa terbuat dari kayu keras dan kayu lunak. Contoh dari kayu olahan adalah Triplek, Laminated Veneer Lumber (LVL), Parallel Strand Lumber (PSL), Laminated Strand Lumber (LSL), Oriented Strand Lumber (OSL), Oriented Strand Board (OSB), Medium Density Fibreboard (MDF).

Tripleks

Plywood atau tripleks adalah panel kayu struktural, yang dibuat dari lembaran vinir yang dilaminasi dan ditekan dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi dengan lem yang anti kelembaban. Ketebalan tripleks berkisar dari 0.6inch sampai 3.0inch (1,5 cm sampai 7,6 cm). Biasanya ukuran lembaran tripleks adalah 1.2m x 2,4 m atau 0.91m x 1,8 m.

Laminated Veneer Lumber (LVL)

Laminated Veneer Lumber (LVL) diproduksi dengan merekatkan vinir tipis bersama dalam billet besar. Kemudian serat vinir di bilet disejajarkan. Produk Laminated Veneer Lumber biasanya digunakan untuk header, balok, rim board dan untuk materi pembentuk tepi.

Parallel Strand Lumber (PSL)

Parallel Strand Lumber (PSL)dihasilkan dari helai vinir panjang yang diletakkan secara paralel dan direkatkan bersama-sama dengan perekat untuk membentuk struktur jadi. PSL adalah bahan yang kuat dan memiliki kemampuan menahan beban. Produk PSL digunakan untuk balok, kolom, header dan ambang.

Laminated Strand Lumber (LSL) dan Oriented Strand Lumber (OSL)

Laminated Strand Lumber (LSL) dan Oriented Strand Lumber (OSL) diproduksi dari pipihan kayu helai. Dikombinasikan dengan perekat, untaian disusun dan dibentuk menjadi sebuah tikar besar dan ditekan. LSL dan OSL umumnya digunakan dalam berbagai aplikasi seperti balok, header, kancing, dan pelek papan.

Oriented Strand Board (OSB)

Oriented Strand Board (OSB) dibuat dari helai kayu berbentuk persegi panjang yang berorientasi memanjang dan kemudian dilapisi, diletakkan ke dalam tikar, dan direkatkan bersama-sama dengan lem pemanas. Panel OSB tidak memiliki kesenjangan internal dan kedap air. Produk jadi memiliki sifat yang mirip dengan kayu lapis atau tripleks dan memiliki kapasitas tahan beban yang besar.

Medium Density Fibreboard (MDF)

Medium Density Fibreboard (MDF) adalah sebuah produk kayu rekayasa yang terbuat dari fiber serat yang direkatkan dalam suhu tinggi dan panas. Karena MDF terdiri dari partikel halus, ia dapat dipotong, dibor, mesin dan mengajukan tanpa merusak permukaan.